Thursday, March 1, 2012

Perkenalan dengan Geogebra Software Matematika Gratis

Apa itu Geogebra..?

Geogebra itu adalah sebuah software aplikasi berbasis open source, sehingga dapat disebarluaskan secara bebas tanpa harus membeli seperti software lainnya buatan microsoft. Apa kegunaannya bagi dunia pendidikan, banyak sekali kagunaannya terutama untuk mata pelajaran Matematika. Seorang guru dapat membuat materi ajar matematika dengan mudah menggunakan geogebra.

Geogebra adalah aplikasi berbasis Linux. Tapi bukan berarti tidak dapat dijalankan pada komputer atau laptop yang menggunakan operating system Windows. Pada operating system Windows, Geogebra dapat dijalankan tetapi masih harus diberi tambahan aplikasi Java. Sehingga sebelum anda menginstal Geogebra pastikan dulu komputer atau laptop sudah terpasang aplikasi Java namanya Jre-6u29-windows-i586-s.

Bagi Guru atau siapa saja yang tertarik dengan Geogebra tidak usah khawatir karena disini saya sudah persiapkan Softwarenya tinggal didownload saja.

GeoGebra adalah software matematika dinamis yang menggabungkan geometri, aljabar, dan kalkulus. Software ini dikembangkan untuk proses belajar mengajar matematika di sekolah oleh Markus Hohenwarter di Universitas Florida Atlantic. Di satu sisi, GeoGebra adalah sistem geometri dinamik. Anda dapat melakukan konstruksi dengan titik, vektor, ruas garis, garis, irisan kerucut, begitu juga dengan fungsi, dan mengubah hasil konstruksi selanjutnya.

Di sisi lain, persamaan dan koordinat dapat dimasukan secara langsung. Jadi, Geogebra memiliki kemampuan menangani varabel-peubah untuk angka, vektor, titik, menemukan turunan dan integral dari suatu fungsi, dan menawarkan perintah-perintah seperti Akar atau NilaiEkstrim. Kedua peninjauan karakteristik Geogebra di atas adalah: suatu ekspresi pada jendela aljabar bersesuaian dengan suatu objek pada jendela geometris dan sebaliknya.

Bagi yang ingin mendapatkan Geogebra silahkan didownload
  1. Download Geogebra For Windows
  2. Download Java Aplication (Jre-6u29-windows-i586-s)
  3. Download Petunjuk Penggunaa tool Geogebra
  4. Download Tutorial Geogebra
Langkah-langkah untuk dapat menggunakan Geogebra
  1. Download kedua software tersebut
  2. Instal Java terlebih dahulu, baru kemudian menginstal Geogebra
  3. Selamat Menggunakan software Geogebra

No comments:

Post a Comment